Rabu, 11 Januari 2012

Pendidikan Islam


PENDIDIKAN ISLAM
Pendidikan islam dalam bahasa arab disebut tarbiyah islamiyah. Terbiyah berasal dari tiga kata raba, yarbu, yang artinya bertambah dan tumbuh, rabia, yarba beraarti menjadi besar dan rabba, yarubbu memperbaiki, menuntun, menjaga dan memelihara.
Mendidik dalam arti luas tentu tidak hanya mengajar. Pengajaran lebih tepat digunakan untuk mendidik akal terkait dengan usaha pemberian ilmu dan pemmahaman dalam rangka memandaikan peserta didik. Dan tugas hakiki pendidikan islam adalah dapat menginternalisasikan nilai-nilai antroposentris hingga manusia yang pada dasarna tidak hanya berpotensi baik, melainkan juga memiliki potensi buruk menurut ukuran agama, dua potensi tersebut sama-sama berkembang. Bahwasannya manusia secara kodrati memiliki potensi baik dan buruk, hal ini dapat digali dari firman Allah dalam QS Asy-Syam: 7-8.
Faktor pembawaan fitri atau keturunan pengaruhnya lebih kuat ketika ia masih kecil, makin dewasa pengaruh lingkungan dan factor dari lusr makin besar. Maka pendidikan tidak hanya mengembangkan potensi saja tapi harus ada pengarahan. Pendidikan dibarengi tujuan islami wajib dilaksanakan guna; (1) Menyelamatkan generasi muda dari menjadi korban hawa nafsu karena pengaruh paham materialism-hedonisme yang begitu dahsyat; (2) menyelamatkan anak-anak yang terjauhkan dari ajaran nilai-nilai agama islam. Begitulah konsep dan tugas pendidikan islam yaitu menumbuhkembangkan potensi peserta didik sekaligus mengarahkan sesuai dengan tujuan dan visi-misi pendidikan islam.
Dari pengertian-pengertian diatas, dapatlah kita mengambil benang merah pengertian pendidikan Islam. Pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya yang dilakukan oleh seorang dewasa kepada anak didik untuk mempersiapkan kehidupan yang lebih baik. Dalam prakteknya, pendidikan Islam bukan hanya pemindahan pengetahuan kepada anak didik, namun perlu diintegrasikan antara tarbiyah, ta’lim dan ta’dib, sehingga dapatlah seseorang yang telah mendapatkan pendidikan Islam memiliki kepribadian muslim yang mengimplementasikan syari’at Islam dalam kehidupan sehari-hari, serta hidup bahagia di dunia dan akhirat


Tidak ada komentar:

Posting Komentar